belajar node js dengan santrikoding

Apakah itu Node.js? Node.js adalah perangkat lunak yang bersifat open source dan digunakan untuk menjalankan kode JavaScript diluar web browser, Node.js sama seperti PHP, Ruby, Python dan Go, yaitu berjalan disisi server. Node.js secara default sudah memiliki HTTP server sendiri, jadi bisa berjalan tanpa harus menginstall web server tambahan seperti Apache dan Nginx. Sedangkan Express Js adalah salah satu framework Node.js yang paling populer dan banyak digunakan oleh para developer, karena memiliki ukuran yang minimalis dan performa yang sangat cepat. Express bersifat open source dan tergolong framework paling umum digunakan pemula untuk memulai belajar Node JS.

Kali ini kita akan memberikan pemaparan untuk kamu yang ingin belajar node js, mulai dari langkah-langkah hingga penjelasan lengkapnya. Simak ulasan berikut ya!

Langkah 1 – Install Node.js

Pertama, silahkan untuk melakukan installasi Node.js di dalam komputer teman-teman semuanya, untuk installasi Node.js silahkan bisa mengikuti dari situs resiminya di : https://nodejs.org/en/download/.

Untuk mengetahui apakah komputer kita sudah terinstall Node.js, kita bisa menjalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

node -v

npm -v

Jika berhasil, maka akan keluar versi Node.js dan NPM yang di install.

Langkah 2 – Install Express

Setelah kita berhasil menginstall Node.js, sekarang kita lanjutkan untuk menginstall Express di dalam komputer kita secara global. Silahkan jalankan perintah berikut ini :

npm install -g express-generator

Silahkan di tunggu proses installasi sampai selesai dan pastikan terhubung dengan internet.

 

Langkah 3 – Membuat Project Dengan Express

Setelah kita berhasil menginstall Express di dalam komputer, sekarang kita bisa membuat project baru dengan Express. Silahkan masuk ke dalam folder dimana teman-teman akan menyimpan project dan jalankan perintah berikut ini di dalam terminal/CMD :

express –view=ejs express-mysql

Di atas, kita akan membuat project Express baru dengan nama express-mysql dan kita tambahkan flag –view=ejs untuk digunakan sebagai view/template engine di dalam Express.

Langkah 4 – Menjalankan Project Express

Setelah proses installasi project baru dengan Express selesai, sekarang kita akan belajar bagaimana cara menjalankan project tersebut. Silahkan jalankan perintah di bawah ini :

cd express-mysql

npm install

npm start

Jika berhasil, maka project kita akan di jalankan di dalam localhost dengan port 3000, kita bisa mencoba membukanya di http://localhost:3000.

Di atas, kita telah berhasil menjalankan project Express di dalam localhost dengan port 3000, di artikel selanjutnya kita akan belajar bagaiaman cara membuat koneksi database dari Express ke MySQL.

 

Dalam belajar node js tentu tak akan selalu mulus. Berbagai kendala mungkin saja muncul terutama bagi pemula. Tidak masalah, semua akan lebih baik jika kamu terbiasa dalam menggunakannya. 

Nah, salah satu platform yang bisa kalian gunakan untuk belajar node js adalah SantriKoding. Platform ini berupa website yang berisikan beragam modul dan ebook yang bisa membantu kamu dalam belajar node js. Dilansir dari website resminya, SantriKoding menyediakan beberapa modul terkait belajar node js, berikut contohnya:

1.Tutorial Node.js, Express dan MySQL #1 : Membuat Project Express Js

2.Tutorial Express dan MySQL #2 : Koneksi Database

3.Tutorial Node.js, Express dan MySQL #3 : Menampilkan Data

4.Tutorial Node.js, Express dan MySQL #4 : Input Data

5.Tutorial Node.js, Express dan MySQL #5 : Edit dan Update Data

6.Tutorial Node.js, Express dan MySQL #6 : Hapus Data

SantriKoding akan sangat membantu pemula untuk belajar Node js dari awal. Modul-modul yang mudah dipahami bisa memperdalam teori, kamu juga bisa mempraktikkan langsung untuk mengasah skillmu!

Punya Masalah Belajar Node JS? Mungkin Kamu Bisa Cek SantriKoding

Leave a Reply

Your email address will not be published.